Metropolitan

* Ditaja oleh Bappeda Kota Dumai

Sosialisasi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Revisi RPJMD Kota Dumai 2016-2021

Dumai Dokumentasi | Minggu, 11 Februari 2018 - 22:43:28 WIB | dibaca: 272 pembaca

DUMAI (DUMAIDOKUMENTASI.TV)- Asisten I Pemko Dumai H Hamdan Kamal Kamis (8/2/2018) secara resmi membuka acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Revisi  Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Dumai tahun 2016-2021 bertempat di Media Center komplek Pendopo jalan Putri Tujuh Kota Dumai.

Rapat Konsultasi Publik ini dihadiri kepala Bappeda kota Dumai Muhammad Syafie, Kabid Perencanaan, evaluasi dan Litbang Budhi Hasnul serta jajaran kabid Bappeda Kota Dumai, Kepala Organisasi perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemko Dumai, termasuk Inspektorat dan Camat sekota Dumai. 

Asisten I Pemko Dumai H Hamdan Kamal dalam sambutannya menjelaskan, dalam Undang-undang No 25 tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional menyatakan bahwa RPJMD merupakan penjabaran dari Visi-Misi dan program kepala Daerah yang penyusunannya berpedoman pada RPJPD dan memperhatikan RPJM nasional, memuat arah kebijakan keuangan daerah, strategi pembangunan daerah, kebijakan umum, program OPD dan Program Kewilayahan disertai dengan rencana-rencana kerja dalam kerangka regulasi dan kerangka pendanaan yang bersifat indikatif.

'' RPJMD Kota Dumai tahun 2016-2021 sebenarnya telah ditetapkan beberapa waktu lalu, namun karena adanya penyesuaian struktur organisasi perangkat daerah sebagai implementasi Undang-undang No 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan Peraturan Pemerintah nomor 18 tahun 2016 tentang Perangkat Daerah, maka dokumen RPJMD yang telah ditetapkan sebelumnya akan dilakukan perubahan dengan tetap mengikuti kaidah peraturan perundang-undangan yang berlaku''ujar Hamdan Kamal.

Atas dasar itu pula kata Asisten I Pemko Dumai ini, dengan Forum Konsultasi Publik diharapkan dapat membantu dalam penyempurnaan kualitas dokumen RPJMD yang akan dilahirkan nanti. Disamping itu untuk mempertegas visi misi kepala Daetah dalam wujud strategi pendekatan khususnya peningkatan dan mendorong sektor-sektor penunjang''harapnya.

Disebutkan, Revisi RPJMD tahun 2016-2021 didasari dan mengacu pada Permendagri Nomor 86 tahun 2017 pasal 342 ayat (1) yang menyatakan bahwa perubahan RPJPD dan RPJMD dapat dilakukan salah satunya apabila terjadi perubahan mendasar. Dalam hal ini kata Hamdan, terjadi perubahan kebijakan Nasional dalam bentuk aturan yang memicu terjadinya perubahan organisasi perangkat Daerah serta mengakibatkan terjadinya perpindahan urusan antar OPD, perpindahan urusan ke Provinsi dan bahkan ke Pemerintah Pusat.

'' Makanya, Revisi RPJMD menjadi sangat penting dan strategis dalam upaya mewujudkan visi dan Misi Kota Dumai. Untuk mencapai visi yang dimaksud sangat diharapkan setiap OPD dapat menterjemahkannya kedalam program pembangunan pada Dokumen RPJMD dan Renstra 2016-2021. Forum Konsultasi PUblik Rancangan Awal Revisi RPJMD Kota Dumai tahun 2016-2021 ini nantinya akan diikuti dengan Musrenbang Revisi RPJMD dapat berlangsung dengan baik''demikian Asisten I Pemko Dumai H Hamdan Kamal.(rls/DD)


Video Terkait:










Komentar Via Website : 1
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)