Metropolitan

* Pengamanan Pileg dan Pilres 2019

Polres Dumai Gelar Apel Gelar Pasukan Ops Mantap Brata Muara Takus 2018

Dumai Dokumentasi | Sabtu, 29 September 2018 - 22:23:51 WIB | dibaca: 126 pembaca

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan poto bersama dengan Walikota Dumai H Zulkifli AS dan forkopimda serta KPU Dumai

 
DUMAIDOKUMENTASI.TV (DUMAI)--Sebanyak 385 personil terdiri dari TNI,Polri dan unsur Pemko Dumai siap mengamankan pelaksanaan Pemilihan Presiden ( Pilres) dan Wakil Presiden serta Pemilihan Legislatig tahun 2019 mendatang. Bukti kesiapan ini, Polres Dumai Rabu (19/9) melaksanakan apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018 Polres Dumai dengan '' Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri Dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Kamdagri Yang Kondusif.

Upacara yang dipusatkan di halaman Mapolres Dumai ini dipimpin langsung oleh Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan. Turut hadir Walikota Dumai H Zulkifli AS, Ketua KPU Dumai Darwis, Dan Sat Radar Dumai, kepala Kajari Dumai, Dandim 0320 Dumai, PJU dan Perwira Polres Dumai, Kepala Bea dan Cukai Dumai, Kepala Sat Pol PP Dumai, dari LAMR Dumau, IKMR dan serta ormas lian termasuk pimpinan partai Politik, Tomas dan Toga Kota Dumai dengan peserta Apel Gelar Pasukan berjumlah sekitar 300 orang, terdiri dari 1 pleton Pom, 1 Pleton Kompi, 1 Pleton Angkatan Laut, 1 Pleton Angkatan Udara, 1 Pleton Sat Sabhara, 1 Pleton Sat Lantas, 1 Pleton Gabungan Sat Reskrim, Intel dan Sat Res Narkoba, 1 Pleton Gabungan Polsek, 1 Pleton Staf, 1 Pleton Satpol PP dan 1 Pleton Dinas Perhubungan.

Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan mengatakan, mulai 20 September penetapan Capres dan Wapres dan tanggal 23 masuk tahapan kampanye. '' Untuk itu, POlres Dumai beserta unsur TNI dan pemerintah kota Dumai dan sektor yang ada, melaksanakan apel, hal ini dimaksudkan kita siap mengamankan Pemilihan legilstaif an Presiden. Apalagi modal awal kita sudah baik yaitu waktu Pilkada yang berlangsung aman dan lancar dikota dumai. Nah, Modal awal dengan sinergitas yang dilaksanakan dengan instansi rerkait bisa dilaksanakan pada Pileg dan Pilres mendatang''ujar Restika.

Jumlah personil yang dikerahkan pada Pemilu 2019 ini kata Kapolres Dumai ini sebanyak 385, untuk TNI 100 serta unsur Pemko. '' Untuk tahapan ini agak panjang dibanding Pilkada yang sudah dilaksanakan.. Nah, kalau kerawanan ini juga lebih banyak dibandingkan Pilkada. Contoh kotak suara pilgubri kita hanya 515, sekarang kotak sudah 820  kali 5 karena ada Pemilihan Presiden, DPD, DPR RI, Provinsi, DPRD Kota. 

'' Sedangkan untuk 1 TPS hanya 300 pemilih dan tidak boleh lebih. Tentu, ini kearawanan dan perlu pengamanan lebih. Untuk jumlah Polri dibantu TNI, Linmas itu  eskalasi jumlah pengamanan juga  meningkat. Harapan saya, dengan modal Pilkada lalu hendaknya bisa diteruskan dan pesan kepada masyarakat, jangan cepat percaya berita hoak, ujaran kebencian, terutama isu sara, cek kebenaran. Masyarakat Dumai berpikir cerdas untuk bisa mengantisapsi dengan harapan Dumai yang sudah aman menjadi lebih aman dan Keamanan ini tidak hanya tugas Polri,TNI, tapi tugas bersama''imbuh Restika.

Sebelumnya saat Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Muara Takus 2018, Kapolres Dumai AKBP Restika P Nainggolan membacakan amanat Kapolri mengatakan, Apel Gelar Pasukan Operasi Kepolisian Terpusat Mantap Brata 2018 dalam rangka pengamanan Pemilu tahun 2019.
 Dikatakan, Pemolisian di Era Demokrasi diwujudkan dengan adanya jamninan Kemanan dalam penyelanggaraan berbagai agenda Dekomrasi dan jaminan dalam Penyelenggaraan Pemilihan langsung oleh Publik.

'' Pemilu tahun 2019 memiliki kompleksitas kerawanan dan karakteristik yang khas, karena untuk pertama kalinya Pileg dan Pilpres akan dilaksanakan secara serentak.
 Untuk itu, Polri dibantu dengan Unsur TNI dan Stakeholders terkait lainnya menggelar Operasi Kepolisian Terpusat dengan Sandi "Mantap Brata 2018 yang dilaksanakan selama 397 hari, TMT 20 September 2018 s/d 21 Oktober 2019''ujanya.

Untuk itu, hal yang harus dipedomani dan dilaksanakan adalah Perkuat Soliditas dan Sinergitas TNI dan Polri, jaga Netralitas Polri dan TNI, kedepankan Langkah Proaktif, dorong semua Elemen Penyelenggara Pemilu untuk melaksanakan tugas yang diemban, Gelorakan Deklarasi Pemilu Damai, susun Rencana Pengamanan secara Detail, lakukan peneggakan hukun secara profesional dan proporsional.(mdi)







 


Video Terkait:










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)